Apa itu Gameplay Tag dalam pemrograman game atau pembuatan game?
Gameplay Tag berfungsi untuk mengidentifikasi, mengkategorikan, mencocokkan, dan memfilter objek.
Tag Gameplay adalah label hierarkis konseptual dengan nama yang ditentukan pengguna. Tag ini dapat memiliki sejumlah tingkat hierarki, dipisahkan dengan tanda ( . ) karakter; misalnya Gameplay Tag dengan tiga level akan berbentuk :
( Family.Genus.Species ),
( Family ) sebagai pengenal terluas dalam hierarki,
( Species ) sebagai pengenal yang paling spesifik.
Perhatikan bahwa keberadaan "Family.Genus.Species" secara implisit berarti Tag Gameplay "Family.Genus" dan "Family" juga ada. Tag individu ringan dan menggunakan type FGameplayTag. Karena objek game sering kali memiliki banyak tag, Wadah Tag Gameplay (menggunakan type FGameplayTagContainer) disediakan dan dapat menangani berbagai kueri tambahan.
Jadi Gameplay Tag (atau Wadah Tag Gameplay) dapat ditambahkan ke proyek apa pun, mengaitkan objek dengan label konseptual yang kemudian dapat digunakan untuk mengidentifikasi, mencocokkan, mengkategorikan, atau memfilternya (sesuai kebutuhan) untuk proyek Anda.
Membuat Tag Gameplay
Tag Gameplay harus ditambahkan ke kamus tag pusat agar mesin mengetahuinya. Ini dapat dilakukan dengan tiga cara melalui fungsi editor. Anda dapat membuat (atau menghapus) Tag dengan tiga cara:
- Dengan menambahkan atau menghapusnya secara manual di menu Pengaturan Proyek
- Dengan membuat dan mengedit file .ini di folder ( GameplayTags ).
- Dengan membangun Aset Tabel Data.
Ketiga metode tersebut diatur di bawah Project Settings , dengan membuka tab Gameplay Tags di bawah bagian Project.